Edisi Kedua dari rezekisemogaberkah.com

Sinergitas Lembaga Keuangan Syariah dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan di Indonesia

Ketahanan Pangan ialah titik fundamental yang perlu diwujudkan di sebuah negara Indonesia. Pangan di Indonesia meliputi pertanian, peternakan, dan perikanan. Pertanian meliputi beras, singkong, jagung, sorgum, tebu. Peternakan meliputi ayam, sapi, kambing. Perikanan meliputi ikan,  udang,  cumi-cumi,  sotong.

Peran Lembaga Keuangan Syariah di Indonesia bisa menyalurkan dana kepada Proyek Pangan Berkah. Proyek Pangan Berkah meliputi pelatihan keterampilan bagi para petani, peternak, dan nelayan lalu peningkatan kesejahteraan bagi para petani, peternak dan nelayan, apresiasi pemberian lahan kepada para petani, peternak, dan nelayan yang berprestasi yang bisa meningkatkan produktivitas lahan pertanian, peternakan, dan perikanan yang dikelolanya.

Proyek Pangan Berkah juga bisa disinergikan dengan Proyek Energi Berkah. Hal tersebut akan dijelaskan berikut ini.

Apresiasi pemberian lahan kepada para petani jagung, sorgum, tebu, dan kentang  yang mampu mengelola lahan pertanian sehingga bisa menghasilkan jagung, sorgum, tebu, dan kentang dalam jumlah banyak dan berkualitas. Pangan tersebut bisa disinergikan dengan Proyek Energi Berkah. Jagung, sorgum, tebu dan kentang yang memiliki kualitas bagus untuk diolah menjadi bioetanol sehingga menjadi alternatif sumber energi terbarukan. Kemudian, hasil kotoran dari ayam, sapi, dan kambing bisa diolah menjadi biogas..

Semoga Indonesia menjadi Negara 'Gemah Ripah Loh Jinawi'.


Comments

Popular posts from this blog

Konversi Serempak Bank Pembangunan Daerah Menuju Bank Pembangunan Daerah Syariah